9 Cara Menabung Efektif Untuk Milenial

Masa depan memang tidak bisa diprediksi, akan tetapi bisa kita persiapkan dengan baik dan salah satu caranya adalah dengan menabung. Banyak sekali orang terutama kalangan milenial yang kesulitan dalam menabung, padahal mungkin penghasilannya itu cukup besar lho. Menabung sendiri sebenarnya sangat penting, karena ini akan bisa membuat masa depan jadi jauh lebih bisa aman.

Banyak juga pendapat yang mengatakan kalau ingin menabung itu harus memiliki pendapatan atau penghasilan yang besar dulu. Sebenarnya untuk Anda yang mungkin belum memiliki penghasilan yang besar pun bisa juga menabung, asalkan tahu bagaimana caranya. Berikut ini kami akan rekomendasikan beberapa cara untuk menabung yang mungkin bisa membantu Anda untuk menabung.

Membuat Daftar Pengeluaran

Cara yang pertama itu adalah dengan membuat daftar pengeluaran terlebih dahulu, ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Dari daftar pengeluaran ini, Anda akan tahu ke mana saja uang yang sudah Anda hasilkan itu keluar dan untuk kebutuhan apa. Dari daftar ini Anda akan mengetahui setiap pengeluaran Anda, dan kemudian Anda bisa memilih mana yang dibutuhkan dan mana yang belum dibutuhkan.

Membuat Anggaran Setiap Bulan

Cara yang kedua adalah dengan membuat anggaran, pembuatan anggaran setiap bulan itu sangat penting untuk bisa mengontrol pengeluaran. Anda bisa membuat daftar dulu pengeluaran yang cukup penting harus dibayarkan terlebih dahulu sebelum Anda memikirkan soal kebutuhan lain-lain. Dari sini Anda harus menghitung uang yang mungkin bisa Anda tabung di setiap bulan dari penghasilan Anda.

Utamakan Lunasi Kartu Kredit

Untuk bisa menabung Anda harus prioritaskan untuk melunasi kartu kredit terlebih dahulu, apabila Anda memiliki kartu kredit. Ini adalah salah satu hal yang sangat penting juga, karena buang dari kartu kredit itu sendiri bisa jadi menumpuk dan kemudian jadi masalah. Oleh karena itulah Anda perlu sekali untuk mengutamakan untuk melunasi kartu kredit terlebih dahulu sebelum kebutuhan yang lainnya.

Membuat Rekening Khusus Tabungan

Cara selanjutnya adalah dengan membuat rekening khusus, sekarang ini banyak orang yang memiliki rekening lebih dari satu lho. Dan rekening yang satunya itu adalah rekening khusus yang akan dipakai untuk menabung, dan tidak akan mudah diambil. Biasanya ini adalah tabungan yang tidak menggunakan kartu ATM ataupun mobil banking, sehingga tidak mudah untuk diambil.

Tahan Godaan

Cara yang kelima adalah dengan menahan setiap godaan dari berbagai barang yang mungkin muncul di hadapan Anda. Sangat mungkin sekali untuk adanya godaan kepada Anda untuk membeli satu barang tertentu yang mungkin tidak terlalu Anda butuhkan. Nah Anda bisa mencoba menahan godaan tersebut agar supaya tidak membuat pengeluaran di bulan tersebut tidak membengkak.

Mengatur Pengeluaran Berulang

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengatur pengeluaran yang berulang setiap bulan, Anda bisa mencatat pengeluaran rutin setiap bulan. Lalu Anda pertimbangkan kembali mana kebutuhan yang memang tidak tergantikan, dan juga mana yang bisa dicari alternatifnya. Sehingga Anda akan memiliki uang yang lebih untuk Anda bisa menabung untuk masa depan Anda.

Fokus Pada Pelunasan Hutang Terlebih Dahulu

Hampir sama seperti kartu kredit, apabila Anda memiliki hutang sebaiknya Anda lunasi terlebih dahulu dan jangan ditunda-tunda. Karena dengan Anda menunda pelunasan hutang, sangat mungkin akan ada bunga dan juga denda yang harus Anda bayarkan. Hal tersebut tentu saja akan membuat Anda jadi memiliki pengeluaran yang jauh lebih besar karena harus menanggung bunga dan denda.

Pilih Makanan Dengan Tepat

Biasanya pengeluaran yang paling banyak di setiap bulan itu adalah pengeluaran untuk makanan, jadi Anda itu harus memilih makanan. Anda harus bisa memilih makanan yang sesuai dengan penghasilan yang Anda dapatkan, sehingga tidak terlalu besar pengeluarannya. Namun tetap harus memperhatikan soal gizi dan juga nutrisi agar supaya tetap sehat dan bisa kembali menghasilkan uang.

Merencanakan Tujuan Menabung

Terakhir adalah merencanakan tujuan untuk membuat tabungan itu sendiri, ini akan menjadi penyemangat dalam Anda menabung. Anda bisa menabung untuk membeli rumah misalnya, bisa untuk membeli kendaraan, atau mungkin membeli barang kebutuhan Anda.